Skripsi
Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Penyesuaian Diri Di Masa Pandemi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar, penyesuaian diri dan apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang dengan jumlah populasi 338 orang dan sampel 77 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan program SPSS for Windows 16.00 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa (I) Kemandirian belajar mahasiswa berada pada kategori sedang dengan presentasi 94,8% (73 orang). (II) Berdasarkan hasil analisis data, penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategorinsedang dengan presentasi 74% (57 orang). Analisis korelasi pearson product moment menunjukan bahwa antara kemandirian belajar dan penyesuaian diri memiliki hubungan arah positif ditunjukan dengan nilai r sebesar 0,657 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yangsignifikan antara kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas NusaCendana Kupang. Dibuktikan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,657>0,227). Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam hubungan kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi. Implikasi dalam penelitian ini yaitu dimana mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya yang memiliki kemandirian belajar yang baik akan mampu menyesuaikan diri terhadap tuntutan yang ada baik itu tuntutan akademik maupun tuntutan sosial.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Penyesuaian Diri, Mahasiswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
HERLINDA DWI AULIA - Personal Name
|
Student ID |
1801160005
|
Dosen Pembimbing |
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1 Andriyani Emilia Lay - 197412162009122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 AUL H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |