Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Penyesuaian Diri Di Masa Pandemi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Penyesuaian Diri Di Masa Pandemi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar, penyesuaian diri dan apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang dengan jumlah populasi 338 orang dan sampel 77 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan program SPSS for Windows 16.00 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa (I) Kemandirian belajar mahasiswa berada pada kategori sedang dengan presentasi 94,8% (73 orang). (II) Berdasarkan hasil analisis data, penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategorinsedang dengan presentasi 74% (57 orang). Analisis korelasi pearson product moment menunjukan bahwa antara kemandirian belajar dan penyesuaian diri memiliki hubungan arah positif ditunjukan dengan nilai r sebesar 0,657 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yangsignifikan antara kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas NusaCendana Kupang. Dibuktikan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,657>0,227). Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam hubungan kemandirian belajar dengan penyesuaian diri di masa pandemi. Implikasi dalam penelitian ini yaitu dimana mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya yang memiliki kemandirian belajar yang baik akan mampu menyesuaikan diri terhadap tuntutan yang ada baik itu tuntutan akademik maupun tuntutan sosial.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Penyesuaian Diri, Mahasiswa


Detail Information

Item Type
Penulis
HERLINDA DWI AULIA - Personal Name
Student ID
1801160005
Dosen Pembimbing
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1
Andriyani Emilia Lay - 197412162009122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 AUL H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA