Faktor Penyebab Perubahan Perilaku Dalam Berpakaian Pada Remaja (Studi Kasus di Desa Wololika, Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Penyebab Perubahan Perilaku Dalam Berpakaian Pada Remaja (Studi Kasus di Desa Wololika, Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadi perubahan perilaku dal am berpakaian pada kaum remaja.Teoriyang digunakan adalah Teori Belajar Abservasional menur ut Albert Bandura adalah teknik peniruan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara belajar/meniru tingkah laku yang negative, termasuk perlakuan yang tidak sesuai dengan aturan ideal masyarakat. Proses belajar/modeling atau imitasi (peniruan), yang dipengaruhi juga oleh faktor internal dan faktor eksternal, dari individu tersebut. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 16 subjek penelitian yang dimana terdiri atas 7 remaja yang berusia 14-21 tahun, 7 orang tua dari remaja dan 2 orang tokoh masyarakat yang berada di Desa Wololika, Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ada empat: yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti temukan ada beberapa faktor terjadinya perubahan perilaku dalam hal berpakaian pada remaja, dimana sudah tidak sesuai dengan tata aturan ideal masyarakat, yaitu karena adanya faktor dari dalam dan dari luar 1. Faktor dari dalam yaitu: gaya hidup, sosial ekonomi, orang tua, 2. Faktor dari luar yaitu: media massa, lingkungan pergaulan, teman sebayanya. Maka kesimpulan berdasarkan hasil temuan yang ada di Desa Wololika, bahwa remaja tersebut lebih memfokuskan diri mereka dengan hal-hal yang baru dan mereka menganggap bahwa hal-hal tersebut merupakan hal yang paling baik dan benar dan untuk menemukan jati diri dan identifikasi diri agar lebih percaya diri dan terlihat trend dan gaul melalui dengan cara belajar atau remaja-remaja yang sedang belajar. Saran dalam penulisan ini sebagai berikut: masyarakat Desa Wololika supaya lebih tegas dalam membuat peraturan dan peran orang tua itu sendiri dalam memberikan pola asuh.


Detail Information

Item Type
Penulis
Jenifrida Ida Waku - Personal Name
Student ID
1623030045
Dosen Pembimbing
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herman Y Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Wak F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA