Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Mapoli

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Mapoli

XML

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1).Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua otoriter yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. 2). Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua demokratis yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. 3). Apakah ada pengaruh pola asuh orang tua permisif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. 4). Apakah ada pola asuh orang tua penelantaran yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. Metode penelitian yang digunakan Ex Post Facto dengan teknik pengumpulan data yakni angket,observasi dan studi dokumen. Dengan subyek berjumlah 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 6 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Mapoli, dengan hasil penelitian sebagai berikut: (1). Terdapat pengaruh pola asuh orang tua otoriter yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,094>2.101) dan nilai signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,006. Jadi Haditerima yang artinya terdapat pengaruh pola asuh orang tua otoriter yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. Karena dimana pada pola asuh ini orang tuamembatasi waktu bermain anak dan jika anak melanggar orang tua juga memberikan hukuman sehingga anak takut pada hukuman yang diberikanoleh orang tua. (2).Terdapat pengaruh pola asuh orang tua demokratis yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,251>2.101) dan nilai signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,004. Jadi Ha diterima.Yang artinya terdapat pengaruh pola asuh orang tua demokratis yang signifikan terhadap hasil belajar kelas III SD Inpres Mapoli.Kerana pada pola asuh ini orang tua mendidik anak dengan kasih sayang memberi semangat dan orang tua berkomunikasi yang baik dengan anak.(3).Tidak terdapat pengaruh pola asuh orang tua permisif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli dengan nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel (1,961˂2.101) dan nilai signifikansi uji t lebih besar dari 0,05 yaitu 0,065. Jadi Ha ditolak.Yang artinya tidak terdapat pengaruh pola asuh orang tua permisif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. Karena pada pola asuh ini orang tua lebih memanjakan anak melakukan apa yang anak inginkan dan orang tua pada pola asuh ini juga kurang berkomunikasi dengan anak.(4). Tidak terdapat pengaruh pola asuh tua penelantaran yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,940˂2.101) dan nilai signifikansi uji t lebih besar dari 0,05 yaitu 0,068. Jadi Ha ditolak.Yang artinya tidak terdapat pengaruh pola asuh penelantaran yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli.Karena pada pola asuh ini orang tua tidak lagi peduli dengan kehidupan anak, dan anak akan melakukan apa yang sesuai dengan keinginanya tanpa dituntun oleh orang tua.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua otoriter dan pola asuh orang tua demokratis yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli. Dan terdapat juga dua pola asuh yang tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Mapoli yaitu pola asuh permisif dan pola asuh penelantaran.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Otoriter Demokratis Permisif, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140156
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Rag P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA