Skripsi
Kajian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Ruang Flamboyan RSUD Ben Mboi Ruteng Tahun 2021
XMLTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pasien terhadap 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian dan bukti fisik di Ruang Flamboyan RSUD Ben Mboi Ruteng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei opini publik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kepustakaan, dokumentasi dan mewawancara terhadap 80 orang responden. Sampel diperoleh menggunakan metode purposive sampling dan analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap dimensi kehandalan (78,8%), dimensi jaminan (86,2%), dimensi kepedulian (73,8%), dimensi bukti fisik (87,5%), sedangkan terhadap dimensi daya tanggap sebagian besar merasa tidak puas (61,25%). Pihak rumah sakit perlu menindaklanjuti pelayanan kesehatan di rumah sakit terutama pada dimensi daya tanggap. Pihak rumah harus memperbaiki pelayanan yang belum maksimal seperti memberikan kesempatan pasien untuk bertanya dan penjelasan tentang penyakit dengan memberikan pelatihan khusus mengenai etika atau perilaku dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan.
Kata kunci: kepuasan pasien, kehandalan, jaminan, kepedulian, bukti fisik Daftar Pustaka : 50 (1998-2021)
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Akulina Mayangtika - Personal Name
|
Student ID |
1707010180
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yoseph Kenjam - - Ketua Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Penguji 1 Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 May K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |