Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Dan Energi Kelas IV SD Inpres Tuabuna Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Dan Energi Kelas IV SD Inpres Tuabuna Kabupaten Rote Ndao

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tuabuna Kabupaten Rote Ndao. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode eksperimen jenis pre-eksperimen dengan menggunakan model pendekatan One Group Pretest-posttest design .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tuabuna yang berjumlah 20 siswa.Sampel penelitian adalah kelompok kontrol berjumlah 10 siswa dan kelompok ekperimen berjumlah 10 siswa. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran learning cycle sedangkan pada kelas kontrol adalah model konvensional. Ada 5 langkah dalam menerapkan model pembelajaran learning cycle yaitu 1).tahap engagement 2).tahap explaration, 3).tahap explanation, 4).tahap elaboration 5). Tahap evaluation.
Hasil analisis data statistic menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran learning cycle dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel Karena nilai cronbach alpha 0,916 masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajrakan dengan model discovery learning sebesar 78,50 sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional sebesar 72,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : learning cycle, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Cicilia Hendrik - Personal Name
Student ID
1701140175
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 HEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA