Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Inpres Pilasue Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Inpres Pilasue Kabupaten Rote Ndao

XML

Tujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada model CTL terhadap hasil belajar siswa tentang Gaya di kelas IV SD Inpres Pilasue Kabupaten Rote Ndao. Metode Penelitian yang digunakan yakni penelitian Kuantitatif yaitu pre-experimental designs dengan rancangan penelitian One Group Pretest-posstest.Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Tes. Jumlah responden yakni 24 siswa dengan rincian 17 laki – laki dan 7 Perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat : uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SDI Pilasue Kabupaten Rote Ndao dengan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t hitung sebesar 10.29 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 23 adalah 1.713, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara model CTL terhadap hasil belajar siswa tentang Gaya ini disebabkan karena siswa telah mampu mengkonstruksi tentang materi Gaya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar 52.2, hal ini disebabkan karena belum adanya perlakuan kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 72.92, peningkatan ini terjadi karena adanya perlakuan dimana dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model CTL. Pada hasil Observasi terdapat dua macam observasi yaitu observasi aktifitas Guru dan Observasi aktifitas siswa , dinilai oleh dua orang yaitu Guru / wali kelas dan teman sejawat. Hasil dari observasi aktifitas Guru memperoleh nilai 77.00 dan mendapat kriteria baik (B) serta hasil dari observasi aktifitas siswa memperoleh nilai 76.46 dengan mendapat kriteria baik (B).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model CTL terhadap hasil belajar siswa tentang Gaya dikelas IV SDI Pilasue. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata peningkatan adalah 17.13. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000.
Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Gaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
CHERLINE E. LETDE - Personal Name
Student ID
1701140052
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Let P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA