Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) Dalam Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Kristen Anugerah Haukoto Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) Dalam Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Kristen Anugerah Haukoto Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Kristen Anugerah Haukoto Kupang tentang materi sistem pencernaan melalui model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kristen Anugerah Haukoto Kupang yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Metode pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa serta penggunaan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk memecahkan masalah yang ada maka penulis menerapkan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran. Data-data yang dikumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Menerapkan model Problem Based Learning (PBL) terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 73,68 % dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu, 88,15 %. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa berada pada katogori baik yaitu 71,07%. dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 91,78 %. Demikian pula dengan perolehan hasil tes juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 66,86 % berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali dengan ketuntasan belajar klasikal 87,13 % berarti sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi sistem pencernaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Kristen Anugerah Haukoto
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia


Detail Information

Item Type
Penulis
SISILIA KARVILA PALLO - Personal Name
Student ID
1701140106
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA