Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Dalam Suatu Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV SDK Amahatan
XMLPenelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Dalam Suatu Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV Di SD Katolik Amahatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Katolik Amahatan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Selisih kenaikan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 30%. Hal ini menunjukan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana ≥85% siswa mendapat nilai ≤75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Dalam Suatu Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV SD Katolik Amahatan.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
WENDELINA MARIA RIKA - Personal Name
|
Student ID |
1701140139
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Rik P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |