Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kematian Ibu dan Bayi (Studi Kasus di Puskesmas Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kematian Ibu dan Bayi (Studi Kasus di Puskesmas Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kematian ibu dan bayi di Puskesmas Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan review dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kematian ibu diwilayah kerja Puskesmas Tarus paling banyak disebabkan oleh komplikasi kehamilan, persalinan dan nifas. Sedangkan untuk faktor yang kurang berpengaruh pada kematian ibu adalah faktor terlalu banyak anak, keterbatasan biaya transport dan biaya perawatan dirumah sakit, serta pertolongan persalinan oleh dukun bayi. Sedangkan untuk faktor yang tidak berpengaruh pada kematian ibu adalah keadaan dan gangguan selama hamil, pengetahhuan ibu, jangkauan pelayanan dan penanganan beresiko, serta pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan. Faktor yang paling berpengaruh pada kematian bayi diwilayah kerja Puskesmas Tarus adalah berat bayi lahir rendah. Faktor yang sedikit berpengaruh pada kematian bayi adalah infeksi pasca lahir, asfiksia, dan pertolongan persalinan oleh dukun bayi. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh pada kematian bayi adalah hipotermia, aktivitas ibu ketika hamil, jangkauan pelayanan dan penanganan beresiko, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan yaitu untuk petugas kesehatan harus lebih banyak memberikan informasi kepada PUS dan masyarakat terkait bahaya kematian ibu dan bayi, serta meningkatkan peran dari fasilitas kesehatan. PUS juga harus mengikuti program KB dan untuk ibu hamil harus rutin memeriksakan kehamilan maupun setelah melahirkan, serta memperhatikan asupan gizi ibu dan bayi. Selain itu, masyarakat juga memperhatikan kebersihan lingkungan dan membuat kartu BPJS serta rajin membayar uirannya.
Kata Kunci : Kematian Ibu, Kematian Bayi


Detail Information

Item Type
Penulis
Maximilia Chickha Jawa - Personal Name
Student ID
1703010107
Dosen Pembimbing
PRIMUS LAKE - 195908281987021002 - Dosen Pembimbing 2
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Dra. Jeny J. Therik, M.Si - 196206061988032003 - Ketua Penguji
Drs. Primus Lake, M.Si - 195908281987021002 - Penguji 1
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Jaw F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA