Analisis Sistem Antrian Pada Hypermart Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Sistem Antrian Pada Hypermart Kupang

XML

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat belanja yang aman dan nyaman, kelengkapan barang serta harga bersaing menimbulkan banyak bermunculan pasar moderen. Salah satu aktivitas oprasional pada tempat belanja meliputi seluruh transaksi dimana salah satunya adalah pembayaran berbelanja. Salah satu cara konsumen menilai kualitas operasional sebuah tempat belanja adalah atas dasar lamanya waktu menunggu dan kecepatan kasir dalam memberikan pelayanan sehingga antrian yang terlalu lama akan merugikan pihak yang membutuhkan pelayanan dan dapat mempengaruhi citra perusahaan. Hal ini dapat berpengaruh pada jumlah konsumen yang melakukan transaksi dan keuntungan yang akan diperoleh perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem antrian yang ada di Hypermart Kupang dan menganalisis jumlah kasir yang optimal dalam melayani pelanggan di Hypermart Kupang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model antrian yang digunakan pada Hypermart Kupang adalah Multi Channel Single Phase dengan menerapkan disiplin antrian First Come First Serve(FCFS). Sistem antrian yang ada di Hypermart Kupang dengan melihat rata-rata pelayanan pada pelanggang 106 orang/jam dengan kedatangan pelanggan tertinggi pada interval pukul 16.00-20.00 WITA dengan jumlah jalur kasir yang dibuka sebanyak 4-5 jalur (maksimal) dan terendah pada pukul 10.00-15.00 WITA dengan jumlah jalur kasir yang dibuka sebanyak 3 (maksimal). Jumlah kasir yang optimal dalam melayani pelanggan di Hypermart Kupang dengan melakukakan perhitungan analisis sistem antrian yang diolah diperoleh hasil dengan membuka 2 jalur kasir pada pukul 10.00-17.00 WITA dengan waktu rata-rata menunggu dalam sistem 47,44 detik per orang, dan 3 jalur kasir pada pukul 17.00-20.00 WITA dengan waktu rata-rata menunggu dalam sistem 40,14 detik per orang


Detail Information

Item Type
Penulis
Aurelia Oktavia - Personal Name
Student ID
1610030100
Dosen Pembimbing
ANTONIO ELI LOMI NYOKO - 197604152010121001 - Dosen Pembimbing 1
NI PUTU NURSIANI - 196710201998022001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ni Putu Nursiani - 196710201998022001 - Penguji 1
Christien Corina Foenay - 197209172005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
612.01 Okt A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA