Skripsi
Penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri Tulun
XMLAdapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa tentang sumber energi melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas IV SD Negeri Tulun. Pada penelitian ini melibatkan 28 orang siswa yaitu terdiri dari 13 laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus di mana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yakni: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Teknik analisis data untuk mengetahui rata-rata kelas menggunakan rumus dari Sudjana (1996:67) dalam (Andrianis Triwiratih 2016:5), teknik analisis data untuk menghitung ketuntasan belajar dari peserta didik menggunakan rumus dari Arikunto (2003:208) dalam (Andrianis Triwiratih 2016:5) hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes siklus I dengan perolehan rata-rata kelas sebesar 64,34 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 30,43% serta pada siklus II semakin terjadi peningkatan pada rata-rata kelasnya dengan perolehan nilai 87 dan presentase ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran tentang sumber energi
menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas IV SD Negeri Tulun dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Sumber Energi, Model Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rosita Sartika Surny - Personal Name
|
Student ID |
1701140029
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Sur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |