Rancang Bangun Sistem Informasi Repository Dokumen Dosen Pada Program Studi Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Rancang Bangun Sistem Informasi Repository Dokumen Dosen Pada Program Studi Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana

XML

ABSTRAK
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REPOSITORY DOKUMEN DOSEN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Yerianto Radja Djawa, Stephanie I. Pella*), Hendro F. J. Lami**)
Repository menjadi sangat penting karena masih banyak pengelolaan data dan berkas dalam bentuk manual. Konsep tersebut menyulitkan dalam pengarsipan, membutuhkan kertas yang banyak dan rentan mengalami kerusakan berkas karena wadah penyimpanan yang masih buruk, sehingga dibutuhkan sistem digitalisasi guna memudahkan dalam penyusunan dan penyimpanan berkas. Teknik Elektro adalah salah satu program studi di Universitas Nusa Cendana yang kesulitan dalam mencari, mengelola dan menyimpan dokumen-dokumen maka repository ini begitu sangat dibutuhkan bagi program studi dapat membantu pihak program studi Teknik Elektro dalam pengelolaan dan penyebaran dokumen-dokumen baru dan lama ataupun dokumen dosen sehingga dapat tertata dengan baik dan jelas. Berdasarkan kelebihan sistem informasi saat ini, tentu diperlukan sebuah pengembangan dalam penyebaran dan pengelolaan informasi dalam bentuk digital, maka dalam tugas akhir ini akan dibuat pemanfaatan dan perancangan sistem informasi untuk Program Studi Teknik Elektro berbasis website agar memberikan kemudahan karena akan lebih praktis dan mudah serta akurat. Berdasarkan fakta tersebut penulis mengambil judul skripsi “Rancang Bangun Sistem Informasi Repository Dokumen Dosen Pada Program Studi Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana”.
Perangkat lunak yang digunakan yaitu wampserver64 sebagai web server dan database postgreSQL untuk menyimpan dokumen repository yang dapat diakses oleh user, visual studio code sebagai editor untuk merancang website, dan PHP (Hypertext Preprocessor) sebagai bahasa pemograman. Alur kerja sistem informasi repository dokumen dosen dimulai dengan user admin mendaftarkan data user dosen kemudian user dosen mengisi form data dokumen dan mengupload data dokumen. Manfaat dari sistem informasi repository dokumen dosen adalah membantu dosen Teknik Elektro dalam mengumpulkan dokumen intelektual ke dalam satu lokasi sehingga mudah untuk ditemukan kembali dan untuk mempermudah dosen Teknik Elektro dalam menyimpan dan melestarikan dokumen intelektual sepanjang waktu.
Sistem yang dihasilkan terdiri dari menu lihat profil dan menu tulis dokumen. Adapun fitur untuk menu lihat profil yaitu biodata lengkap dosen sedangkan untuk menu tulis dokumen memiliki fitur form upload dokumen. Pengujian sistem menggunakan black box yang hasil pengujiannya menunjukan status berhasil dan pengujian secara langsung pada localhost menghasilkan durasi waktu relatif efesien dan efektif .
Kata Kunci: Web, Repository, PostgreSQL, Wampserver64, PHP (Hypertext Preprocessor)

* Pembimbing I
** Pembimbing II


Detail Information

Item Type
Penulis
Yerianto Radja Djawa - Personal Name
Student ID
1306032024
Dosen Pembimbing
STEPHANIE I PELLA - 198306232005012001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRO F J LAMI - 198002282005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Stephanie I Pella - 198306232005012001 - Ketua Penguji
Hendro F J Lami - 198002282005011001 - Penguji 1
Sarlince Octaviana Manu - 198010062008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
20201
Edisi
Published
Departement
Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
202.01 RAD R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA