Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Etanol Kayu Hau Kolo (Pelthophorum Pterocarpum) Pada Sopi Dari Buah Pisang Rote (Musa Paradisiaca L.)

Detail Cantuman

Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Etanol Kayu Hau Kolo (Pelthophorum Pterocarpum) Pada Sopi Dari Buah Pisang Rote (Musa Paradisiaca L.)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder, perbandingan kandungan senyawa metabolit sekunder ekstrak etanol larutan hasil fermentasi pisang rote dengan serbuk batang kayu hau kolo dan larutan hasil fermentasi pisang rote sendiri. Ekstrak diperoleh melalui dua cara, pertama destilasi larutan hasil fermentasi pisang rote dengan penambahan batang kayu hau kolo dan kedua maserasi batang kayu hau kolo menggunakan etanol hasil destilasi pisang rote sendiri. Kedua larutan hasil destilasi dan maserasi dievaporasi. Kemudian dilakukan uji fitokimia, lalu diisolasi menggunakan teknik KLT dan KLTP dan selanjutnya dianalisis dengan spektroskopi Uv-Vis serta uji fitokimia terhadap isolat hasil KLTP. Hasil uji fitokimia menunjukkan larutan hasil destilasi memberikan hasil negatif sedangkan pada larutan hasil maserasi terdapat senyawa flavonoid dan tanin. Hasil uji KLT, kedua senyawa memberikan eluen terbaik yaitu BAA (4:1:5) (v/v). Hasil uji KLTP menunjukkan senyawa positif mengandung flavonoid. Hasil analisis Uv-Vis menunjukkan isolat 1 mengandung senyawa flavonoid yang termasuk kedalam golongan flavanon dan dihidroflavonol sedangkan isolat 2 menunjukkan adanya senyawa tanin. Hasil uji fitokimia terhadap isolat hasil KLTP untuk golongan flavonoid menunjukkan, isolat 1 termasuk flavonoid golongan flavanon dan dihidroflavonol yang ditandai dengan adanya warna merah bata dan isolat 2 mengandung tanin terkondensasi yang memberikan warna khas hitam kehijauan.
Kata Kunci: Senyawa Metabolit Sekunder, Pelthophorum pterocarpum, Musa paradisiaca L.


Detail Information

Item Type
Penulis
Novida Sriyanti - Personal Name
Student ID
1701060081
Dosen Pembimbing
Yosep Lawa, S.Pd., M. Biotech - 19730727 201212 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yosep Lawa - 197307272012121005 - Ketua Penguji
Dr. Jasman, S.Pd.,M.Si. - 19690611 199403 1 001 - Penguji 1
Dr.I. Gusti. M. N. Budiana, S.Si.,M.Si - 197107231998021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
84204 Sri I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA