Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Pada Perpustakaan Oleh Siswa Kelas VI Di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Pada Perpustakaan Oleh Siswa Kelas VI Di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere

XML

ABSTRAK

Skripsi oleh Christina Manuela Ongan, NIM. 1601140030 dengan judul “Faktor–faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar pada Perpustakaan Sekolah oleh Siswa Kelas VI di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere” Dimana penelitian ini difokuskan untuk melihat faktor eksternal dan internal penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di perpustakaan dan upaya sekolah untuk meningkatkan motivasibelajar siswa di perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar pada perpustakaan sekolah oleh siswa kelas VI di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere dan upaya sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di perpustakaan sekolah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 16 orang yang terdiri dari 10 orang siswa, 3 orang guru kelas, 2 petugas perpustakaan, dan kepala sekolah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere, Kabupaten Sikka. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa rendahnya motivasi belajar siswa di perpustakaan sekolah terjadi karena kurang luasnya ruangan perpustakaan, waktu istirahat yang singkat, rasa malas, tidak suka membaca, lebih suka bermain, tidak menyukai keheningan, tidak memiliki teman yang bisa diajak ke perpustakaan dan juga karena faktor teknologi(internet). Sekolah telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya pengarahan, program literasi, pemberian tugas untuk mendapat nilai tambahan, pengadaan e-perpus, dan lomba-lomba akademik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rendahnya motivasi belajar pada perpustakaan oleh siswa kelas VI di SDK 143 Bhaktyarsa Maumere dipengaruhi faktor-faktor: (1) Faktor internal yang meliputi rasa malas dari dalam diri siswa, kesibukan siswa dalam beraktivitas, dan tidak adanya gairah membaca pada diri siswa (2) Faktor eksternal yang meliputi sarana dan prasarana dalam hal ini luas ruangan perpustakaan, lingkungan siswa, dan kemajuan teknologi. Pihak sekolah telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan motivasi tersebut yaitu melaksanakan program literasi, pengadaan e-perpus, pemberian tugas untuk mendapat nilai tambahan, dan perlombaan.

Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Perpustakaan


Detail Information

Item Type
Penulis
Christina Manuela - Personal Name
Student ID
1601140030
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 0ng F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA