Skripsi
Pengaruh Faktor-Faktor Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota (Studi Pada Anggota Koperasi Usaha Jaya Larantuka Kabupaten Flores Timur)
XMLPenelitian ini bertujuan a) Untuk mengetahui persepsi anggota terhadap Relationship marketingyang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Usaha Jaya Larantuka. b) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Usaha Jaya Larantuka. c) Untuk mengetahuidan menjelaskan pengaruh Komitmen terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Usaha Jaya Larantuka. d) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Komunikasi terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Usaha Jaya Larantuka. e) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Usaha Jaya Larantuka. f) Untuk mengetahui dan menjelaskanpengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan keluhan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas anggota pada koperasi Usaha Jaya Larantuka. Populasi pada penelitian ini adalah anggota Koperasi Usaha Jaya Larantuka. Sampel yang diambil sebanyak 86 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan persepsi anggota terhadap kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan dan termasuk dalam kategori puas. Jika dilihat dari besaran skor, maka variabel komunikasi paling tinggi dengan skor 4,65, variabel kepercayaan dengan skor 4,62, variabel penanganan keluhan 4,60 dan variabel komitmen 4,58. Berdasarkan analisis data statistik, hasil uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independent secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel dependen berpengaruh signifikan terhadap variabel independen. Angka adjust R square sebesar 0,962 menunjukkan bahwa 96,2% variabel kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel independen dalam persamaan regresi sedangkan sisanya 3,8% dipengaruhi oleh variabel- variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan bagi pihak BRI Cabang Larantuka untuk selalu mempertahankan dan perlu ditingkatkan kualitas layanan dan keunggulan produk dan bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti dengan topik yang sama, disarankan untuk menambahkan variabel relationship marketing.
Kata kunci: Kepercayaan, komitmen, komuniasi dan penanganan keluhan dan Loyalitas Anggota .
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Nisiba Agustina Paulina Peni - Personal Name
|
Student ID |
1703020064
|
Dosen Pembimbing |
ABAS KASIM - 196004141988031008 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1 Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 PEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |