Skripsi
Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang Sistem Tata Surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDI Nobi-Nobi
XMLTujuan yang akan dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan Model Pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang Sistem Tata Surya di kelas VI SDI Nobi-Nobi. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah tahapan 23 orang, dengan rincian laki-laki berjumlah 10 orang, dan perempuan berjumlah 13 orang.
Penelitian ini dilakukan di SDI Nobi-Nobi, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra-siklus, skor dari 23 subjek penelitian yang tuntas 6 orang siswa (26,08%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru dan yang tidak tuntas 17 orang siswa (73,91) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan skor siklus I dari 23 subjek yang tuntas berjumlah 10 orang siswa (43,47%) tuntas karena sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dan yang tidak tuntas berjumlah 13 orang siswa (56,52%) tidak tuntas karena masih terlihat pasif dalam pembelajaran dan malu bertanya terhadap materi yang belum dimengerti. Selanjutnya skor siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bahwa dari 23 subjek penelitian maka siswa yang tuntas 23 orang (100%) tuntas karena sudah mampu menemukan masalah, menganalisis dan memecahkan masalah dengan tepat.
Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya di kelas VI SDI Nobi-Nobi.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Sistem Tata Surya,dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YUFITA TAHUN - Personal Name
|
Student ID |
1701140027
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 TAH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |