Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang Sistem Tata Surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDI Nobi-Nobi

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA tentang Sistem Tata Surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDI Nobi-Nobi

XML

Tujuan yang akan dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan Model Pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang Sistem Tata Surya di kelas VI SDI Nobi-Nobi. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah tahapan 23 orang, dengan rincian laki-laki berjumlah 10 orang, dan perempuan berjumlah 13 orang.
Penelitian ini dilakukan di SDI Nobi-Nobi, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra-siklus, skor dari 23 subjek penelitian yang tuntas 6 orang siswa (26,08%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru dan yang tidak tuntas 17 orang siswa (73,91) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan skor siklus I dari 23 subjek yang tuntas berjumlah 10 orang siswa (43,47%) tuntas karena sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dan yang tidak tuntas berjumlah 13 orang siswa (56,52%) tidak tuntas karena masih terlihat pasif dalam pembelajaran dan malu bertanya terhadap materi yang belum dimengerti. Selanjutnya skor siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bahwa dari 23 subjek penelitian maka siswa yang tuntas 23 orang (100%) tuntas karena sudah mampu menemukan masalah, menganalisis dan memecahkan masalah dengan tepat.
Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya di kelas VI SDI Nobi-Nobi.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Sistem Tata Surya,dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
YUFITA TAHUN - Personal Name
Student ID
1701140027
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA