Skripsi
Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Konsumen Berwisata Kuliner (Studi pada Followers Akun Instagram @Oncus_Fruitdessert)
XMLPenggunaan internet dan jejaring sosial yang meningkat juga merupakan hal yang penting dimana saat ini Word Of Mouth tidak hanya dilakukan perorangan namun bisa dalam bentuk apa saja termasuk internet yang disebut dengane-WOM.e-WOMlebih efektif dibandingan dengan komunikasi Word Of Mouth di dunia offline, karena aksebilitas yang lebih besar dan jangkauan yang luas. Apabila Electronic Word of Mouth dilakukan dengan tepat, akan meningkatkan Minat Konsumen Berwisata Kuliner. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh eWOM (Electronic Word of Mouth) yang terdiri dari platform assistance, concern for others, expressing positive feelings, helping the company,advice seeking, dan social benefit terhadap minat konsumen berwisata kuliner, sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eWOM (Electronic Word of Mouth) yang terdiri dari platform assistance, concern for others, expressing positive feelings, helping the company,advice seeking dan social benefit secara parsial dan simultan minat konsumen berwisata kuliner. Objek penelitian dilakukan pada Oncu‟s Fruit Dessert Kupang yang beralamatkan di Liliba dan Tuak Daun Merah (TDM) Kota Kupang. Variabel independen yang diteliti yakni platform assistance, concern for others, expressing positive feelings, helping the company,advice seeking, dan social benefit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua followers akun Instagram @oncus_fruitdessert dan juga sudah pernah berkunjung ke sana. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden denganmenggunakan teknik purposive samplin. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi: uji analisis linear berganda, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis melalui uji f dan uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y =- 0,096+0,217X1+0,184X2+0,178X3+0,158X4+0,157X5+0,115X6. Bedasarkan analisis data statistik, pada pengujian asumsi klasik, model regresi bersifat bebas dan berdistribusi normal. Secara individu dari masing-masing variabel semua variabel berpengaruh signifikan. Adapun variabel yang berpengaruh adalah variabel platform assistance dengan koefisien regresi sebesar 0,217, diikuti variabel expressing positive feelings dengan koefisen regresi 0,178 variabel social benefit dengan koefisien regresi 0,115, variabel concern for others dengan koefisien regresi 0,184, diikuti variabel helping the company dengan koefisien regresi 0,158, variabel advice seeking dengan koefisien regresi sebesar 0,157. Sedangkan melalui uji f dapat diketahui bahwa varibael independen memang layak untuk menguji variabel dependen Minat Konsumen Berwisata Kuliner. Angka Adjusted R Square sebesar 0,409 menunjukkan bahwa sebesar 40,9% variabel Minat Konsumen Berwisata Kuliner dipengaruhi oleh variabel independen dalam persamaan regresi , sedangkan sebesar 50,1% variabel Minat Konsumen Berwisata Kuliner dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Kata Kunci: eWOM (platform assistance, concern for others, expressing positive feelings, helping the company,advice seeking, dan social benefit) Minat Konsumen Berwisata Kuliner.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Christopher Andika - Personal Name
|
Student ID |
1610030229
|
Dosen Pembimbing |
ROLLAND EPAFRAS FANGGIDAE - 198408312009121001 - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Rolland Epafras Fanggidae - 198408312009121001 - Ketua Penguji
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen, FEB
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
612.01 And P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |