Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaraan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Boronubaen

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaraan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Boronubaen

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Boronubaen dengan model pembelajaraan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) .Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukakan di SDN Boronubaen. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yaitu pada bulan September. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa yang tuntas pada siklus 1 terdapat 15 (52%) karena mampu mengamati simbol-simbol yang ada pada bacaan, mampu meyimpulkan bacaan, mampu memperhatikan urutan dalam membaca, mampu mengerjakan soal evaluasi yang diberikan. Sedangkan yang tidak tuntas terdapat 14 (48%) karena siswa belum mampu mengamati simbol-simbol dalam bacaan, belum mampu menyimppulkan bacaan, belum mampu memperhatikan urutan dalam membaca, belum mampu menyelesaikan soal evaluasi yang diberikan, belum mampu menyelesaikan LKPD yang diberikan. Selanjutnya siklus II, dari 29 siswa yang tuntas sebanyak 25 (86,20%) karena sama seperti pada siklus 1, siswa sudah mampu memperhatikan sembilan tahap dalam membaca pemahaman. Sedangkan yang tidak tuntas terdapat 4 (13,79%) karena tidak berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran,masa bodoh,guru kurang tegas,dan guru kurang memperhatikan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman.
Kata kunci: Keterampilan, Membaca Pemahaman, CIRC.


Detail Information

Item Type
Penulis
FEBRONIA BUKIFAN - Personal Name
Student ID
1701140051
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Silvester Tena - 197412312000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BUK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA