Strategi Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak 2020 Di Kabupaten Ngada Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Pemenangan Pasangan Calon Purn.Andreas Paru,SH,MH Dan Raymundus Bena,SS. M.Hum

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak 2020 Di Kabupaten Ngada Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Pemenangan Pasangan Calon Purn.Andreas Paru,SH,MH Dan Raymundus Bena,SS. M.Hum

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing politik yang digunakan pasangan calon Andreas Paru dan Raymundus Bena dalam memenangkan pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ngada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yaitu untuk menemukan gambaran marketing politik yang digunakan pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena dalam menghadapi pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ngada pada masa covid-19. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi marketing politik yang digunakan oleh pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena yaitu menyampaikan produk politik yang ditawarkan langsung kepada calon pemilih (Push Political Marketing) dengan melakukan sosialisasi dengan batasan sebanyak 50 orang sehingga sesuai dengan protokol kesehatan, selain itu juga pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena beserta tim sukses menggunakan media sosial (facebook) yaitu grup AP-RB, PKB Ngada serta Golkar Ngada untuk menyampaikan produk politik yang ditawarkan dan mencetak brosur, panflet,baliho yang berisikan visi-misi dan program kerja yang ditawarkan pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena. Pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena beserta tim sukses melakukan segmentasi berdasarkan geografi, psikografi, perilaku dan sosial-budaya untuk menentukan peta politik yang kemudian dijadikan basis suara pendukung kandidat. Selain itu juga, pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena menentukan targeting dan positioning untuk memunculkan citra tertentu kepada pemilih baik melalui program kerja (policy) tentang TANTA NELA PARIS yaitu Tani Ternak Nelayan dan Pariwisata, profil kandidat (person), Andreas Paru merupakan pensiunan polisi yang telah mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Ngada sejak tahun 2015 sedangkan Raymundus Bena sebelumnya menjabat sebagai anggota DPRD selama 3 periode selain itu juga pengaruh partai politik (price) sangat mempunyai peranan yang sangan penting dalam memunculkan citra yang baik di kalangan masyarakat. Pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena diusung oleh partai PKB dan Golkar yang tentunya mempunyai basis suara yang besar.
Kata kunci : Marketing Politik, pilkada,covid-19


Detail Information

Item Type
Penulis
Apolinaris Wateng Due - Personal Name
Student ID
1703040080
Dosen Pembimbing
yeftha y. sabaat - 198905062019031016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Penguji 1
Sri Chatun - 198210222009122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Due S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA