Skripsi
Strategi Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak 2020 Di Kabupaten Ngada Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Pemenangan Pasangan Calon Purn.Andreas Paru,SH,MH Dan Raymundus Bena,SS. M.Hum
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing politik yang digunakan pasangan calon Andreas Paru dan Raymundus Bena dalam memenangkan pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ngada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yaitu untuk menemukan gambaran marketing politik yang digunakan pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena dalam menghadapi pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ngada pada masa covid-19. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi marketing politik yang digunakan oleh pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena yaitu menyampaikan produk politik yang ditawarkan langsung kepada calon pemilih (Push Political Marketing) dengan melakukan sosialisasi dengan batasan sebanyak 50 orang sehingga sesuai dengan protokol kesehatan, selain itu juga pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena beserta tim sukses menggunakan media sosial (facebook) yaitu grup AP-RB, PKB Ngada serta Golkar Ngada untuk menyampaikan produk politik yang ditawarkan dan mencetak brosur, panflet,baliho yang berisikan visi-misi dan program kerja yang ditawarkan pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena. Pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena beserta tim sukses melakukan segmentasi berdasarkan geografi, psikografi, perilaku dan sosial-budaya untuk menentukan peta politik yang kemudian dijadikan basis suara pendukung kandidat. Selain itu juga, pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena menentukan targeting dan positioning untuk memunculkan citra tertentu kepada pemilih baik melalui program kerja (policy) tentang TANTA NELA PARIS yaitu Tani Ternak Nelayan dan Pariwisata, profil kandidat (person), Andreas Paru merupakan pensiunan polisi yang telah mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Ngada sejak tahun 2015 sedangkan Raymundus Bena sebelumnya menjabat sebagai anggota DPRD selama 3 periode selain itu juga pengaruh partai politik (price) sangat mempunyai peranan yang sangan penting dalam memunculkan citra yang baik di kalangan masyarakat. Pasangan Andreas Paru dan Raymundus Bena diusung oleh partai PKB dan Golkar yang tentunya mempunyai basis suara yang besar.
Kata kunci : Marketing Politik, pilkada,covid-19
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Apolinaris Wateng Due - Personal Name
|
Student ID |
1703040080
|
Dosen Pembimbing |
yeftha y. sabaat - 198905062019031016 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
67201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
672.01 Due S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |