Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

XML

ABSTRAK
Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Karolus Real Ngawas (1701030058), Pembimbing I, Dr. Christine K. Ekowati, M. Si; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari jenjang pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta analisis adalah sebuah teknik statistika untuk menggabungkan berberapa penelitian sejenis dan dilakukan analisis data sehingga diperoleh padanan data secara kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada artikel publikasi. Artikel publikasi yang dianalisis berjumlah 30 artikel.
Hasil penelitian meta-analisis ini mengungkapkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis website memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, di mana terdapat 19 artikel menunjukan efek tinggi, 8 artikel memiliki efek sedang dan hanya 3 artikel yang tergolong ke dalam efek yang rendah. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website memiliki pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 1,06. Hasil analisis berdasarkan jenjang pendidikan menunjukan bahwa nilai Fhitung = 2,496 sedangkan nilai Ftabel = 3,340 maka nilai Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, berarti tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website di semua jenjang pendidikan dari SD sampai PT.

Kata kunci : Media website, hasil belajar matematika, meta-analisis


Detail Information

Item Type
Penulis
Karolus Real Ngawas - Personal Name
Student ID
1701030058
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nga M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA