Skripsi
Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
XMLABSTRAK
Meta Analysis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Karolus Real Ngawas (1701030058), Pembimbing I, Dr. Christine K. Ekowati, M. Si; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari jenjang pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta analisis adalah sebuah teknik statistika untuk menggabungkan berberapa penelitian sejenis dan dilakukan analisis data sehingga diperoleh padanan data secara kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei pada hasil-hasil penelitian sejenis pada artikel publikasi. Artikel publikasi yang dianalisis berjumlah 30 artikel.
Hasil penelitian meta-analisis ini mengungkapkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis website memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, di mana terdapat 19 artikel menunjukan efek tinggi, 8 artikel memiliki efek sedang dan hanya 3 artikel yang tergolong ke dalam efek yang rendah. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website memiliki pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 1,06. Hasil analisis berdasarkan jenjang pendidikan menunjukan bahwa nilai Fhitung = 2,496 sedangkan nilai Ftabel = 3,340 maka nilai Fhitung < Ftabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, berarti tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website di semua jenjang pendidikan dari SD sampai PT.
Kata kunci : Media website, hasil belajar matematika, meta-analisis
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Karolus Real Ngawas - Personal Name
|
Student ID |
1701030058
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Nga M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |