Skripsi
Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Konsep Ekosistem Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Tini Kabupaten Belu
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang konsep ekosistem pada siswa kelas V di SD Inpres Tini Kabupaten Belu.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Tini. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 15 orang dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 64,80% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Selisih Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 18,73%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan di mana 87% siswa telah memenuhi standar KKM yang ditentukan yaitu 65. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Tini.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA HELENA BERE - Personal Name
|
Student ID |
1601140023
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BER P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |