Efektivitas Kebijakan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 5 Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Kebijakan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 5 Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Kebijakan Pembelajarn Dalam Jaringan (Daring) di masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 5 Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi narasumber penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Langke Rembong, Opertor sekolah, GurU SMP Negeri 5 Langke Rembong, siswa/i SMP Negeri 5 Langke Rembong, dan orang tua murid. Jadi total informan dalam penelitian ini berjumlahberjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas kebijakan pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 5 Langke Rembong Kabupaten Manggarai tidak efektif dikarenakan terdapat permasalahan yang ditinjau berdasarkan pendekatan input, proses, dan output. Pada pendekatan input, sumber daya manusia terkait pengetahuan dan pemahaman akan teknologi masih rendah, sarana yang merupakan alat penunjang pembelajaran dalam jaringan belum memadai, dan kurangnya dana/angaran untuk pembelajaran dalam jaringan. Pada pendekatan proses, terdapat beberapa metode pembelajaran yang digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu pemberian tugas, pembelajaran di sekolah dengan pembagian sif, belajar dari rumah (BDR). Pelaksanaan metode pembelajaran dalam jaringan tidak berjalan dengan baik dan efektif karena rendahnya sumber daya manusia, kuranganya sarana serta dana. Pada pendekatan output, hasil belajar siswa selama melaksanakan pembelajaran dalam jaringan jika dilihat dari nilai yang diperoleh yaitu siswa mengalami penurunan nilai dan kehadiran siswa menurun selama pembelajaran dalam jaringan.
Kata kunci: Efektivitas, kebijakan, pembelajaran dalam jaringan, Covid-19.


Detail Information

Item Type
Penulis
FRANSISKA EMILIA ADON - Personal Name
Student ID
1803010207
Dosen Pembimbing
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Martina Raga Lay - 196205071989012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 ADO E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA