Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigzaw Dalam Pembelajaran Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas VI SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigzaw Dalam Pembelajaran Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas VI SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkembangbiakan hewan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigzaw di kelas VI SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Negeri Tulun yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengambilan data, tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data-data dikumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan bantuan rumus presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelaajaran kooperatif tipe Jigzaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 76,92 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu, 96,15. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa berada pada katogori baik yaitu 72,48 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 89,94. Demikian pula dengan perolehan hasil tes juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 60,55 berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan l agi pada siklus II berada pada kategori baik sekali dengan ketuntasan belajar klasikal 83,61 berarti sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigzaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangbiakan hewan kelas VI SD Negeri Tulun.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigzaw, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
HAGAR MELINDITA AOME - Personal Name
Student ID
1701140121
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Aom P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA