Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigzaw Dalam Pembelajaran Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas VI SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang
XMLTujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkembangbiakan hewan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigzaw di kelas VI SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Negeri Tulun yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengambilan data, tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data-data dikumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan bantuan rumus presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelaajaran kooperatif tipe Jigzaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 76,92 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu, 96,15. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa berada pada katogori baik yaitu 72,48 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 89,94. Demikian pula dengan perolehan hasil tes juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 60,55 berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan l agi pada siklus II berada pada kategori baik sekali dengan ketuntasan belajar klasikal 83,61 berarti sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigzaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangbiakan hewan kelas VI SD Negeri Tulun.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigzaw, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
HAGAR MELINDITA AOME - Personal Name
|
Student ID |
1701140121
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Aom P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |