Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Oleh Ketiga Guru di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Oleh Ketiga Guru di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pemahaman ketiga guru di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang mengenai model Problem Based Learning; (2) bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning oleh ketiga guru di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti hanya melihat pemahaman ketiga guru mengenai model Problem Based Learning dan penerapannya dalam pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas V, guru wali kelas kelas IV A, dan guru wali kelas IV B. Pemilihan subjek ini berdasarkan ketiga guru tersebut yang pernah menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran di kelas.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu, secara konseptual ketiga guru memahami apa itu model Problem Based Learning dan pelaksanaannya dalam pembelajaran di kelas namun dalam penerapannya ketiga guru belum mampu menerapkan model Problem Based Learning secara tepat dan efektif. Hal ini terlihat dari: 1) ketiga guru belum mampu mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran yang mampu membawa siswa pada level Higher Order Of Thinking Skill (HOTS). Indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran yang dibuat guru umumnya masih berada pada tingkat kemampuan berpikir tingkat rendah yaitu mengingat (C1), memahami (C2), dan mengaplikasikan (C3); 2) ketiga guru belum mampu menerapkan model Problem Based Learning sesuai dengan sintaks Problem Based Learning; 3) ketiga guru belum mampu merangsang rasa ingin tahu siswa dengan permasalahan yang ada di sekitar siswa; 4) ketiga guru belum mampu memberikan siswa soal-soal yang mampu melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi; dan 5) ketiga guru belum mampu melakukan sistem penilaian dan evaluasi pelaksanaan PBL sesuai dengan teori sistem penilaian dan evaluasi pelaksanaan model PBL


Detail Information

Item Type
Penulis
Agnes Janmesfrin Kamauko - Personal Name
Student ID
1601140001
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Febriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kam A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA