Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Video Pada Siswa Kelas VIII A SMP SWASTA SWADAYA TARUS

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Video Pada Siswa Kelas VIII A SMP SWASTA SWADAYA TARUS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus sesuai dengan struktur teks deskripsi dan kaidah kebahasaan. Media video digunakan oleh peneliti dalam masa pandemi covid-19 untuk membantu dan mempermudah siswa dalam menulis teks deskripsi sehingga siswa tidak perlu ke tempat wisata. Namun, siswa bisa menulis teks deskripsi tempat wisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar bermakna Taksonomi Bloom edisi revisi dalam ranah kognitif tingkatan C6 (Mencipta). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang kemampuan menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur teks deskripsi dan kaidah kebahasaan siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus dari 18 orang siswa yang diteliti terdapat 1 orang siswa atau setara dengan 5,6% siswa yang termasuk dalam kategori baik sekali dalam menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahahasaan, terdapat 2 orang siswa atau setara dengan 11,1% siswa yang termasuk kategori baik dalam menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur dan kaida kebahahasaan, terdapat 10 orang siswa atau setara dengan 55,5% siswa yang termasuk kategori cukup baik dalam menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahahasaan, dan terdapat 5 orang siswa atau setara dengan 27,8% siswa yang termasuk kategori tidak baik dalam menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahahasaan. Berdasarkan persentase pemerolehan nilai dapat disimpulkan bahwa ratarata skor yang diperoleh kelas yaitu 73,84. Hal ini menunjukkan taraf kemampuan siswa kelas VIII A dalam menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur teks deskripsi dan kaidah kebahasaan sudah mencapai rata-rata KKM yakni 70. Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada peneliti tetapi juga kepada guru untuk sama-sama melihat taraf kemampuan siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, dan Media Video


Detail Information

Item Type
Penulis
Esi Manupa - Personal Name
Student ID
1801010153
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 MAN K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA