Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Mia Sma Negeri 1 Nagawutung
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X setelah menggunakan model Problem Based Learning pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus dan 6 September 2021 di SMA Negeri I Nagawutung, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus yang terdidri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap peleksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Data motivasi belajar diperoleh dari kuesioner motivasi peserta didik dan aktivitas peserta didik diperoleh dari lembar observasi.
Hasil analisis data pada siklus I menunjukan bahwa, rata-rata motivasi belajar pada siklus I mencapai 74,92 meningkat pada siklus II menjadi 86,92. Pada siklus I diperoleh persentase siswa yang termasuk dalam kategori sangat termotivasi
mencapai 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 84% siswa dalam kategori sangat termotivasi. Pada analisis aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai ratarata 2,273 dengan persentasenya 75,7778% dan pada siklus II mencapai rata-rata 2,6
dengan persentase 88,66667%. Hasil analisis keterampilan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada siklus I mencapai rata-rata 2,45 dengan prsentasenya 81,66667% dan pada siklus II rata-mencapai 2,8 dengan
prsentase 93.33333%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pemeblajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
GABRIELA TRISULTRA ROMA - Personal Name
|
Student ID |
1701040039
|
Dosen Pembimbing |
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
SRI SUMIYATI - 195610041982032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Rom P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |