Skripsi
Analisis Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata
XMLSkripsi oleh Erwin S. P. O. Wuwur, Nim 1701140048, PGSD, 2021 dengan judul “Analisis Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata”. Dengan rumusan masalah bagaimana aspek-aspek yang mempengaruhi minat minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa aspek-aspek yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus :
.
Penelitian ini dilaksanakan di SDK Puor Kabupaten Lembata. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata sangat baik hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran di kelas. Melalui indikator minat belajar siswa dan penyebaran angket diperoleh hasil : 1) Perasaan senang 82,2% dengan rincian 17 siswa merasa senang yakni senang dengan mata pelajaran PPKn, senang dengan guru dan 4 siswa tidak merasa senang karena guru guru lebih menggunakan metode catat. 2) Keterlibatan siswa 81,5% dengan rincian 17 merasa terlibat karena guru melibatkan siswa dalam belajar dengan bertanya dan terlibat dalam diskusi dan 4 tidak merasa terlibat karena siswa merasa takut. 3) Ketertarikan Siswa 74,4% dengan rincian 16 merasa tertarik karena pelajaran PPKn itu menyenangkan, gurunya ramah dan 5 tidak merasa tertarik karena guru lebih meminta siswa untuk mencatat. 4) Perhatian siswa 82,2% dengan rincian 17 merasa perhatian karena pemusatan perhatian terhadapa mata pelajaran PPKn dari awal hinggah akhir pembelajaran dan 4 tidak merasa perhatian karena siswa lebih acuh tak acuh dan menggunakan bahasa daerah dalam lingkungan sekolah. Hasil analisis secara keseluruhan aspek-aspek yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata memperoleh rata-rata keseluruhan yakni 80,1% dan tergolong sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata dapat berpengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis wawancara bersama guru kelas V, para siswa kelas V dan hasil penyebaran angket kepada siswa kelas V. Oleh karena itu dalam menunjang aspek-aspek yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Puor Kabupaten Lembata maka perluhnya kerja sama guru bersama orang tua dalam pendampingan anak dalam belajar serta kreatifitas guru dalam mendesign materi pembelajaran.
Kata Kunci : Aspek-Aspek Minat Belajar, dan PPKn
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ERWIN S. P. O. WUWUR - Personal Name
|
Student ID |
1701140048
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 WUW A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |