Kondisi Sosial Ekonomi Rumah Tangga Petani Kakao Di Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Kondisi Sosial Ekonomi Rumah Tangga Petani Kakao Di Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan relasi lingkungan geografis parameter fisik wilayah dan tanaman Kakao di Kelurahan Tana Rata; (2) mengetahui pemahaman petani terhadap teknik budidaya tanaman Kakao secara keseluruhan di Kelurahan Tana Rata; (3) mengetahui jumlah produksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kelurahan Tana Rata; dan (4) menganalisis kontribusi usahatani Kakao terhadap pendapatan petani di Kelurahan Tana Rata; dan (5) mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi rumah tangga petani kakao di Kelurahan Tana Rata.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi adalah petani kakao, berjumlah 123 kepala keluarga. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, sebanyak 50 kepala keluarga, dipilih secara acak sederhana. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) kondisi lingkungan geografis parameter fisik wilayah Kelurahan Tana Rata, sebagian besar sesuai (S2) untuk usahatani Kakao atau Theobroma cacao L.; (2) dimensi pemahaman petani terhadap teknik budidaya tanaman Kakao secara keseluruhan di Kelurahan Tana Rata belum baik; (3) jumlah produksi Kakao setiap tahun bervariasi; hal disebabkan karena adanya faktor pembatas kondisi lingkungan geografis parameter fisik wilayah, luas lahan sempit, dan dimensi pemahaman petani terhadap teknik budidaya tanaman Kakao secara keseluruhan di Kelurahan Tana Rata belum cukup baik; (4) kontribusi pendapatan usahatani kakao menunjukkan nilai 16,90 persen sehingga dinyatakan kontribusi pendapatan usahatani termasuk dalam kategori rendah dan (5) kondisi sosial ekonomi para petani Kakao ditilik dari sejumlah atribut tergolong dalam kategori cukup baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
Eduardus Dahi - Personal Name
Student ID
1621100037
Dosen Pembimbing
Penguji
HAMZA - - Ketua Penguji
Drs. Mikael Samin, M. Si - 19620918199003003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
English
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA