Implementasi Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Tahun 2021

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Tahun 2021

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelayanan publik berbasis e-Government di tengah Pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang pada tahun 2021. Ada pun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif yaitu data yang diperoleh dianalisa dengan menguraikan dan mengaitkan dengan teori-teori sesuai dengan permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakanTeori JFK Harvad School of Government mengenai elemen-elemen sukses penerapan e-Government yang diantaranya adalah elemen Suport, Capacity, Value dan ditambah dengan teori yang dikemukakan oleh Moon sebagai teori pelengkap elemen sukses penerapan e- Government yaitu Willingness dan Local Culture. Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa masih terdapat kendala-kendala pada penerapan sistem e-Eovernment yang tejadi yaitu mengenai sosialisasi yang kurang efektif, sumber daya finansial yang kurang memadai serta prioritas pengembangan fasilitas e-government yang di lakukan tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Begitu juga pada aspek pelengkap elemen sukses penerapan e-Government terdapat kendala pada rendahnya minat atau Willingness masyarakat dalam mengakses fasilitas e-Government yang disediakan. Dari hasil penelitian tersebut dapa disimpulkan bahwa implementasi sistem pelayanan publik berbasis e-Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kota Kupang belum berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, e-government, Elemen Suport, Elemen Capacity, Elemen Value, Willingness, local culture

ABSTRAK
Research Title : IMPLEMENTATION OF E-GOVERNMENT-BASED PUBLIC SERVICES SYSTEM IN THE MIDDLE OF THE COVID-19 PANDEMIC AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION
DEPARTMENT OF KUPANG CITY. The Covid-19 pandemic situation that disrupts the service system in all public service agencies is the reason for choosing the title of this research. The regulation of the mayor of Kupang number 49a of 2017 regarding the implementation of the e-Government system in every agency in the city of Kupang is expected to be the answer to the problems that are currently happening. The purpose of this study is to determine and describe the implementation of e-Government-based public services in the midst of the Covid-19 Pandemic at the Kupang City Population and Civil Registration Office in 2021. The method used in this research is a qualitative research method with descriptive research type, namely the data obtained is analyzed by describing and relating to theories according to the existing problems. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation.
This study uses the JFK Harvard School of Government theory regarding the elements of successful e-Government implementation which include elements of Support, Capacity, Value and coupled with the theory proposed by Moon as a complementary theory of elements of successful e-Government implementation, namely Willingness and Local Culture. Based on the research that has been done, it can be seen that there are still obstacles in the implementation of the e-Eovernment system that occur, namely regarding ineffective socialization, inadequate financial resources and priorities for developing e-government facilities that do not provide significant benefits for the public. As well like in the complementary aspects of successful elements of e-Government implementation, there are obstacles to the low interest or willingness of the community in accessing the e-Government facilities provided. From the results of this study, it can be concluded that the implementation of an e-Government-based public service system at the Kupang City Population and Civil Registration Service has not been going well.
Keywords : Public service, e-Government, Elemen Suport, Elemen Capacity, Elemen Value, Willingness, local culture


Detail Information

Item Type
Penulis
Joti Suprianto Purba - Personal Name
Student ID
1703040040
Dosen Pembimbing
Rouland A Benyamin - 882742419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rouland A Benyamin - 882742419 - Penguji 1
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
672.01 Jot I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA