Fenomena Plagiarisme Dalam Penulisan Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Nusa Cendana Kupang).

Detail Cantuman

Skripsi

Fenomena Plagiarisme Dalam Penulisan Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Nusa Cendana Kupang).

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam tentang fenomena Plagiarisme dan dampaknya bagi mahasiswa Program Studi Sosiologi.Teori yang digunakan adalah teori masyarakat berisiko dari Ulrick Beck dan teori praktik sosial dari Pierre Felix Bourdieu. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sample, sehingga yang menjadi informan adalah Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Plagiarisme benarterjadi pada mahasiswa Program Studi Sosiologi dalam menulis skripsi. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengakuan dari semua informan yang mengatakan bahwa mereka pernah melakukan tindakan plagiarisme dalam menulis skripsi. Di dalam skripsi itu ditemukan bahwa fenomena plagiarisme terdapat pada bab II yaitu dalam penelitian terdahulu, pendapat para ahli dan teori yang semuanya diambil tanpa diparafrase. Kecenderungan ini muncul disebabkan oleh kurang membaca dan kurangnya latihan. Dampak dari tindakan Plagiarisme bagi mahasiswa di Program Studi Sosiologi adalah akan memiliki mental instan, tidak adanya kejujuran, juga kemalasan tertanam dalam dirinya dan akan mendapatkan sanksi akademik seperti menundah untuk melakukan seminar proposal, hasil dan sidang skripsi. Selain itu, dampak dari plagiarisme juga akan mempengaruhi mental dan karakter mahasiswa. Saran: Diharapkan kepada lembaga untuk membuat regulasi atau pedoman sehingga praktik Plagiarisme tidak dilakukan secara terus-menerus oleh mahasiswa maka kualitas tulisan semakin baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
SILVESTRA OFRIDA MARDU - Personal Name
Student ID
1703030046
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA- Nip. 197805242006041006 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Herman Y.Utang, L.Ph-Nip.-196602212006041001 - - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA