Penggunaan Model Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Rangkaian Listrik Di Kelas VI SDi Woloara Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Rangkaian Listrik Di Kelas VI SDi Woloara Kabupaten Ende

XML

Skripsi oleh Yohanita Ndimbuliana Lamba. PGSD. 2022 dengan judul “Penggunaan Model Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Rangkaian Listrik Di Kelas VI SDI Woloara Kabupaten Ende”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi rangkaian listrik dengan menggunakan model inquiri di kelas VI SDI Woloara Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI melalui penggunaan model inquiri dalam pembelajaran tentang rangkaian listrik di SDI Woloara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VI berjumlah 25 orang dengan rincian 10 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil tes menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II, dimana persentase ketuntasan meningkat sebesar 32%. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 68% dengan 17 orang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 8 orang belum mencapai KKM, kemudian pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 100% dengan 25 orang atau seluruh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata nilai tes kompetensi siswa sebesar 15,87. Hal ini berdasarkan hasil tes siklus I dengan nilai rata-rata 66,40, kemudian pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81,20. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model inquiri dalam pembelajaran tentang rangkaian listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDI Woloara.

Kata kunci: model inquiri, rangkaian listrik, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140034
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Fembriani, S.Pd, M.Pd - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA