Analisis Level Berpikir Aljabar Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Level Berpikir Aljabar Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Kupang

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan dan memetakan karakteristik level berpikir aljabar siswa kelas IX pada SMP Negeri 8 Kupang. Subjek penelitian terdiri dari dua puluh tujuh siswa kelas IXE SMP Negeri 8 Kupang dengan tingkat kemampuan matematika yang berbeda yakni tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dimulai dengan pengelompokkan siswa berdasarkan hasil tes kemampuan matematika, kemudian dipilih dua subjek yang mewakili masing-masing kemampuan, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian soal tes level berpikir aljabar dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan salah satu siswa dengan kriteria tinggi termasuk dalam kategori cukup atau berada pada Level 3 untuk katergori level berpikir aljabar. Namun, salah satu siswa lainnya, yang juga merupakan kriteria tinggi termasuk dalam kategori kurang atau berada pada level 1 untuk kategori level berpikir aljabar. Sedangkan untuk siswa kriteria sedang salah satunya termasuk dalam kategori kurang atau berada pada level 1 untuk kategori level berpikir aljabar . siswa lainnya yang juga merupakan kriteria sedang masih termasuk dalam kategori sangat kurang di mana siswa tersebut berada pada level 0 untuk kategori level berpikir aljabar. Untuk siswa dengan kategori rendah, keduanya termasuk dalam kategori kurang atau keduanya berada pada level 1 untuk kategori level berpikir aljabar.
Kata kunci : Level Berpikir Aljabar, Kemampuan Matematika Siswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Adipapa Apriyuntaf Amalo - Personal Name
Student ID
1701030018
Dosen Pembimbing
Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ama A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA