Model Pembelajaran Treffinger untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama

Detail Cantuman

Skripsi

Model Pembelajaran Treffinger untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama

XML

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran treffinger, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran treffinger dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah menengah pertama serta menyajikan desain pengembangan kreativitas siswa sekolah menengah pertama pada materi geometri menggunakan model treffinger. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu mengumpulkan referensi, menganalisis referensi, dan menyajikan impilkasi dan rekomendasi selanjutnya. Karakteristik model pembelajaran treffinger yang paling dominan adalah upaya mengintegrasikan dimensi kognitif dan afektif siswa untuk mencari arah penyelesaian yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan kajian beberapa artikel, materi SMP yang diterapkan melalui model terffinger yaitu materi geometri, bilangan, dan aljabar dengan tahapan yang digunakan adalah understanding challenge, generating ideas, dan preparing for action, dengan tahap basic tool, practice with process, dan working with real problem, dan tahap pengembangan fungsi divergen, proses berpikir dan perasaan majemuk, dan keterlibatan dalam tantangan nyata. Dimana setiap tahapan menampilkan dimensi kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil kajian bahwa model pembelajaran treffinger dapat mengembangkan kreativitas matematika siswa SMP. Desain model pembelajaran treffiger menggunakan tahapan basic tool, practice with process, dan working with real problem pada materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang, materi kelas VII, semester II. Dimana setiap tahapannya mengarahkan siswa untuk berpikir kreatif.
Kata kunci: Treffinger, Kreativitas, dan SMP


Detail Information

Item Type
Penulis
Migel Guteres Mangngi - Personal Name
Student ID
1701030072
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Man M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA