Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dalam Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Semester IV Kelas B

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dalam Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Semester IV Kelas B

XML

ABSTRAK
Longa, Alda Anastasia, 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dalam Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Semester IV Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Drs. Mikael Samin. M.Si., Pembimbing (II) Muhammad H. Hasan, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Evektifitas, Hasil Belajar, Video Tutorial Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah digunakannya video tutorial, (2) mengetahui efektifitas penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah PKLG. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi dan angket. Sampel yang diambil menggunakan teknik reprefentatif adalah 42 orang. Data dalam penelitian ini akan diolah dan ditabulasi melalui rumus skala likert. Pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) Perbedaan menggunakan media pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan video tutorial pada siklus pertama dan siklus kedua. Pada siklus pertama menunjukan hasil dengan presentasenya sebesar 78,2% ( kategori setuju) sedangkan pada siklus kedua menunjukan hasil dengan presentase 94,6% ( kategori sangat setuju). 2) Efektifitas penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah PKLG sebelum dan sesudah menggunakan video tutorial menunjukan bahwa setelah menggunakannya video tutorial pembelajaran yang di lakukan lebih efektif di bandingkan dengan sebelum di gunakan media video tutorial, terdapatnya pembelajaran yang efektif ketika menggunakan video tutorial yang dilihat pada output belajar mahasiswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Alda Anastasia Longa - Personal Name
Student ID
1701100022
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
MUHAMAD H. HASAN - 198806022019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Lon E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA