Implementasi Kebijakan Publik (Study Pada Kepmenkes No. 581 Tahun 1992 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Di Kelurahan Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Kebijakan Publik (Study Pada Kepmenkes No. 581 Tahun 1992 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Di Kelurahan Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang)

XML

Implementasi kebijakan merupakan suatu Tindakan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun individu atau kelompok yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu keputusan kebijakan sebelumnya. Kebijakan yang dimaksud ialah bagaimana implementasi kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam menangani dan memberantas Demam berdarah dengue.Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 minggu lebih yaitu pada akhir bulan November sampai dengan awal Desember 2021. Penelitiasn ini dilakukan di beberapa tempat yakni Kelurahan Kolhua, Dinas Kesehatan Kota Kupang, seta Puskesmas Sikumana. Informan penelitian terdiri dari 12 orang, Teknik penentuan informan ialah purposive. Teknik analisis menggunakan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa selain masyarakat yang kurang disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan pihak Implementator yakni Dinas Kesehatan Kota Kupang, pihak puskesmas, pihak Kelurahan serta RT/RW juga kurang berkordinasi secara intens sehingga menyebabkan transisi antar komunikasi tidak berjalan dengan baik yang menyebabkan banyaknya terjadi kasus Demam berdarah di Kelurahan Kolhua selain itu sumber daya manusia di puskesmas yaitu petugas lapangan juga masi kurang karena hanya terdapat 3 petugas lapangan dalam melakukan tugasnya di hampir semua wilayah Kelurahan di Kecamatan Maulafa, selain itu sumber daya finansial yang ada di Dinas Kesehatan juga masi kurang yang tentunya akan membuat Implementasi kebijakan yang dilakukan kurang berjalan efektif.
Kata kunci: Implementasi kebijakan, pemberantasan, Demam berdarah dengue


Detail Information

Item Type
Penulis
Alexander D.P Zacharias - Personal Name
Student ID
1603040067
Dosen Pembimbing
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Ketua Penguji
Rouland A Benyamin - 882742419 - Penguji 2
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Sac I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA