Eksplorasi Etnomatematika Dalam Aktivitas Berladang Masyarakat Di Kecamatan Tobu Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika Dalam Aktivitas Berladang Masyarakat Di Kecamatan Tobu Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

XML

Pendidikan dan kebudayaan merupakan dua unsur penting yang saling berkaitan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep matematika yang ditemukan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tobu, Kecamatan Tobu dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Peneliti sebagai pemeran utama dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik etnomatematika kemudian disimpulkan dan dikembangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu berupa aktivitas menghitung, mengukur, melokalisir, merancang dan menjelaskan. Konsep matematika yang terkait dengan aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu meliputi penjumlahan berulang atau perkalian, geometri, sistem koordinat, pola bilangan, transformasi geometri, perbandingan dan barisan aritmatika. Dengan demikian, berbagai konsep matematika yang terdapat dalam aktivitas berladang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika di sekolah.
Kata Kunci : Etnomatematika, Budaya Berladang dan Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Maldi Rasita Banoet - Personal Name
Student ID
1501030017
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1
Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd - 19640702 199303 2 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ban E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA