Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kupang Tengah SATAP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kupang Tengah SATAP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

XML

Pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran konstruktivisme yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran seperti inilah yang seharusnya menjadi pilihan dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Kupang Tengah SATAP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Kupang Tengah SATAP pada siswa kelas VIII. Instrumen penelitian berbentuk tes pada awal pembelajaran (pre test) dan tes setelah akhir kegiatan pembelajaran (post test). Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk melihat kelayakan instrumen yang digunakan. Selanjutnya dilakukan penganalisaan data menggunakan perhitungan N-Gain ternormalisasi dan melalui tahapan uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ditunjukkan melalui adanya peningkatan rata-rata hasil pre test dan post test setelah pemberian eksperimen sebesar 0.34 dan peningkatan juga terjadi pada setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yang dirincikan sebagai berikut: orisinalitas sebesar 0.41, kelancaran (fluency) sebesar 0.4, kelenturan (flexibility) sebesar 0.21 dan elaborasi (elaboration) sebesar 0.38. Secara keseluruhan peningkatan untuk tiap indikator berpikir kreatif berada pada kategori sedang yaitu sebesar 0.35 .
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Matematika, Pengaruh


Detail Information

Item Type
Penulis
Primusandy Leokoy - Personal Name
Student ID
1701030097
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Leo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA