Determinan Keberhasilan Revitalisasi Posyandu (Penelitian Pada Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Nunpene Dan Puskesmas Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur-Kabupaten Timor Tengah Utara)

Detail Cantuman

Tesis

Determinan Keberhasilan Revitalisasi Posyandu (Penelitian Pada Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Nunpene Dan Puskesmas Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur-Kabupaten Timor Tengah Utara)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan keberhasilan revitalisasi posyandu yang dipengaruhi oleh faktor keaktifan kader posyandu, pendidikan/pelatihan, insentif, sarana prasarana, dan peran serta masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Nunpene dan Puskesmas Bitefa Kecamatan Miomaffo-Kabupaten TTU. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 105 orang kader posyandu aktif pada 25 unit puskemas di wilayah kerja Puskesmas Nunpene dan Puskesmas Bitefa Kecamatan Miomaffo-Kabupaten TTU.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dari ke lima variabel independen, tiga diantara yakni variabel keaktifan kader, pendidikan/pelatihan, dan insentif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap variabel dependen revitalisasi posyandu, sedangkan dua variabel lainnya yakni sarana prasarana, dan peran serta masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen revitalisasi posyandu. Secara simultan ke lima variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 83,6% dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kader posyandu terus meningkatkan kinerjanya baik dari segi kehadiran maupun kemauan untuk belajar meningkatkan kemampuan dalam mengelola posyandu, tokoh masyarakat dan masyarakat aktif mengikuti semua program posyandu dan ikut berkontribusi didalamnya, dan pemerintah desa serta pemerintah kabupaten hendaknya mendukung program kerja posyandu melalui penyediaan sarana prasarana yang memadai serta memberikan perhatian kepada kesejahteraan kader dan tenaga kesehatan lainnya.

Kata kunci: Keaktifan Kader, Revitalisasi Posyandu.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Marianus Ketmoen - Personal Name
Student ID
1911080004
Dosen Pembimbing
MUNTASIR - 197008162000121001 - Dosen Pembimbing 1
PIUS WERAMAN - 196405011984111001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Imelda Februati Ester Manurung - 197902202008012012 - Ketua Penguji
Sabina Gero - 195702151982022001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
131.01 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA