Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV Di SD GMIT Airmama Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV Di SD GMIT Airmama Kabupaten Alor

XML

Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil IPA dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas IV di SD Gmit Airmama Kabupaten Alor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik penumpulan data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subyek penelitian berjumlah 16 orang siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gmit Airmama Kabupaten Alor dengan hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa pada siklus I dari 16 subyek yang tuntas berjumlah 10 0rang dengan persentase (62,5%) tuntas karena sudah mulai mengikuti pembelajaran sesuai dengan lankah-langkah model pembelajran explicit instruction dengan baik. Sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase (37,5%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa sibuk dengan kesibukannya masin-masing,siswa kurang bersungguh-sungguh mengerjakan soal yang diberikan dan juga siswa belum bisa mengikuti proses pembelajaran mengunaan model explicit instruction dengan baik. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat hal ini dibuktikan bahwa dari 16 subyek penelitiian yang tuntas berjumlah 14 siswa dengan persentase 87,5% dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran mengunakan model explicit instruction dengan baik, siswa mulai bersunguh-sungguh dalam menggerjakan soal.
Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan mengunakan model pembelajaran explicit instruction untuk meninkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya kelas IV SD Gmit Airmama Kabupaten Alor. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukkan seluruh siswa dapat mencapai nilai ketuntasan minimal, dengan demikian maka model pembelajaran explicit instruction dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction, sifat-sifat cahaya, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA AGATHA WENI - Personal Name
Student ID
1601140154
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA