Skripsi
Kemampuan Peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Ebo Dalam Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Koran Dengan Metode Pembelajaran scaffolding
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Ebo dalam Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita Koran dengan metode pembelajaran scaffolding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode scaffolding dengan jenis penelitian kuantitatif dengan subjeknya adalah peserta didik Kelas VIII A yang berjumlah 26 orang. Instrument penelitian ini yang digunakan berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara menguji data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukan bahawa dari 26 siswa, hanya 13 siswa yang mampu menentukan judul berita sedangkan pada unsur-unsur teks berita kemampuan siswa pada bagian what (apa) mencapai 36,53%; pada bagian when (kapan) mencapai 33,84%; who (siapa) kemampuan keseluruhan siswa mencapai 18,84%; where (diman) kemampuan keseluruhan siswa mencapai 33,07%; why (mengapa) kemampuan keseluruhan siswa mencapai 22,69%; dan how (bagaimana) kemampuan keseluruhan siswa mencapai 17,69%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Ebo dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita berada pada kategori kurang baik.
Kata Kunci: Unsur-Unsur Berita 5 W + 1 H
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EFRADINAANO - Personal Name
|
Student ID |
1701010159
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Semuel H. Nitbani - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 ANO K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |