Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Menuju Masyarakat Sejahtera melalui Contextual Teaching Learning di Kelas VI SDK Setia Kuasaet Kota Kupang
XMLTujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Contextual Teaching Learning di SDK Setia Kuasaet Kota Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan mencari presentase dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SDK Setia Kuasaet dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 8 orang yang tuntas 5 orang dengan persentase ketuntasan 62,5%. Aktivitas guru siklus I mencapai 72,22% dengan kategori baik. Aktivitas siswa mencapai 63,38 kriteria cukup. Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya media pembelajaran, materi tentang teks nonfiksi, poster dan ciri fisik laki-laki dan perempuan dimasa pubertas, serta siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran di kelas. Siklus II jumlah siswa yang tuntas 8 orang dengan persentase 100% . Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kriteria sangat baik, sedangkan siswa 79,5% dengan kriteria baik dan nilai rata-rata kelas 85,31%.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang menuju masyarakat sejahtera dengan menggunakan melalui Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100% dengan demikian pembelajaran melalui Contextual Teaching Learning sangat efektif.
Kata Kunci : Contextual Teaching Learning, Hasil belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EUNIKE MAGDALENA TAHUN - Personal Name
|
Student ID |
1801140046
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tah P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |