Dampak Menonton Drakor The Heirs Terhadap Penggunaan Kosakata Bahasa Korea Dalam Pergaulan Sehari-Hari Pada Mahasiswa Fisip Undana (Studi Kasus: Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Angkatan 2018 FISIP Undana )

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Menonton Drakor The Heirs Terhadap Penggunaan Kosakata Bahasa Korea Dalam Pergaulan Sehari-Hari Pada Mahasiswa Fisip Undana (Studi Kasus: Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Angkatan 2018 FISIP Undana )

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak menonton darkor terhadap penggunaan kosakata bahasa Korea mahasiswa FISIP program studi Sosiologi Undana Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Postcolonial The Homi Bhaba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang yaitu mahasiswa Proram Studi Sosiologi angkatan tahun 2018. Dengan teknik penarikan sampelnya adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak menonton drakor terhadap penggunaan Kosakata Bahasa Korea dalam kehidupan Mahasiswa FISIP program studi Sosiologi Undana Kupang yaitu: 1. Menambah pengetahuan kosakata bahasa Korea, 2. Adanya solidaritas Sosial antar pecinta drakor, 3. Kurangnya minat dalam belajar bahasa Indonesia, 4. Xenosentrisme dengan budaya Korea. Adapun kesimpulannya bahwa adanya Dampak Menonton Drakor The Heirs Terhadap Penggunaan Kosakata Bahasa Korea Mahasiswa FISIP Program Studi Sosiologi Undana Kupang. Dampak yang terjadi disebabkan oleh adanya sikap xenosentrisme mahasiswa program studi Sosiologi dengan budaya orang lain (budaya Korea) sehingga mengakibatkan kurangnya minat mahasiswa dalam mempelajarai budaya sendiri dalam hal ini budaya bahasa. Mahasiswa program studi sosiologi lebih mengagumi untuk belajar kosakata bahasa Korea dan sikap untuk mempelajari kosakata bahasa Indonesia berkurang. Hal ini dikarenakan mahasiswa Program Studi Sosiologi ingin terlihat keren dan sama seperti aktor dan aktris Korea. Hadirnya drama Korea bisa menambah pengetahuan kosakata bahasa asing ((Kosakata bahasa Korea). Di sisi lain juga terciptanya solidaritas sosial anatara sesama pecinta drama Korea. Adapun Saran dari penelitian ini adalah 1. Seharusnya mahasiswa jauh lebih pandai menguasai dan bicara bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan pandai menguasai dan bicara kosakata bahasa Korea. 2. Sebagai generasi muda penerus bangsa, Mahasiswa diharapkan dapat tetap memegang teguh nilai-nilai nasionalisme dan tetap menjaga sikap nasionalisme ditengah masuknya budaya-budaya asing lebih kuhusus budaya Korea (bahasa Korea) agar budaya Indonesia (bahasa Indonesia) tidak hilang atau pudar oleh adanya budaya asing tersebut atau budaya Korea tersebut.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ELENORA RATU PALMA - Personal Name
Student ID
1803030027
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA