Pengaruh Peran Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Secara Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kupang Kelurahan Penkase Kecamatan Alak Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Peran Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Secara Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kupang Kelurahan Penkase Kecamatan Alak Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran, pada mata pelajaran ekonomi secara daring di kelas 11 IPS SMA Negeri 8 Kupang. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk menjadi sumber informasi yang bisa dijadikan bahan kajian bagi seorang guru untuk meningkatkan teknik pengajaran terhadap siswa dan bisa dijadikan untuk memperbaiki diri sebagai tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dalam perannya sebagai seorang guru demi meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Ekonomi, dan Siswa-Siswi Kelas 11 IPS SMA Negeri 8 Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; kuesioner, observasi dan dokummentasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran guru berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas 11 IPS SMA Negeri 8 kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji signifikan (sig). Yaitu berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS 21 yang memperoleh nilai taraf Sig = 0.01 < 0.05, dengan nilai thitung =3.697 > 2.079, sehingga hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh peran guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kupang.
Kata Kunci : Peran Guru, Keaktifan Belajar Siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
LAZARUS JEFRI KARMA - Personal Name
Student ID
1701080120
Dosen Pembimbing
Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 KAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA