Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audiovisual Tentang Panas dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Oesapa.
XMLTujuan dari penulisan ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang panas dan perpindahannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Berbantuan Audiovisual. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes dengan subjek 27 orang dengan rincian siswa laki-laki 13 orang dan perempuan 14 orang. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oesapa, dengan hasil penelitian menunjukan pada siklus I, sebanyak 18 orang siswa (67%), sedangkan 9 orang lainnya dari 27 subjek (33%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa belum memusatkan perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri, dan kurang aktif saat proses pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni 26 subjek, 26 siswa tuntas dengan presentase meningkat menjadi 96% sedangkan 1 orang siswa belum mencapai standar ketuntasan.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audiovisual dengan materi tentang panas dan perpindahannya, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci: Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Panas dan Perpindahannya
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
PUTU SRI WIDNYANI - Personal Name
|
Student ID |
1801140077
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Fembriani, S.Pd, M.Pd - 199202132018032001 - Penguji 1 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 WID P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |