Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Video Animasi Di Kelas II SD Inpres Lili Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Video Animasi Di Kelas II SD Inpres Lili Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Restituta T.M.B Punang. Nim 1701140037(2022) PGSD. Dengan judul “Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Video Animasi di Kelas II Sd Inpres Lili Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimana kemampuan membaca nyaring melalui penggunaan video animasi di kelas II Sd Inpres Lili?”. Fokus dari penelitian ini adalah “Kemampuan membaca nyaring siswa melalui penggunaan video animasi di kelas II Sd Lili”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca nyaring melalui penggunaan video animasi di kelas II Sd Inpres Lili”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian naratif. Lokasi dari penelitian adalah Sd Inpres Lili, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang. Subyek penelitian yang diobservasi berjumlah 20 siswa. Subyek penelitian yang melakukan tes membaca nyaring merupakan subyek penelitian yang berjumlah 20 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes membaca nyaring, wawancara dan juga dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data yakni analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa memperoleh perkembangan yang sangat baik. Kemampuan membaca nyaring siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan bantuan video animasi sangat memuaskan. Siswa mampu membaca dengan ketepatan, pelafalan dan intonasi yang baik dan tepat. 55% (11 orang siswa) memiliki kemampuan membaca nyaring dengan sangat baik karena mampu membaca dengan pelafalan dan intonasi yang tepat, ketepatan dalam membaca nyaring sangat baik, 40% (8 orang siswa) memiliki kemampuan mmbaca nyaring yang baik, karena mampu membaca dengan pelafalan dan intonasi yang baik, ketepatan dalam membaca nyaring juga baik dan 5 % (1 orang siswa) memiliki kemampuan membaca nyaring dengan cukup. Dari hasil tes membaca tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan membaca siswa mengalami perkembangan dengan menggunakan bantuan video animasi.Solusi bagi siswa yang belum tuntas yakni perbanyak latihan membaca nyaring dengan menggunakan berbagai media pembelajaran salah satunya menggunakan video animasi agar kemampuan pemahaman, merangkai dan menghubungkan huruf mejadi kosakata, kosakata menjadi kata dan kata menjadi kalimat diperoleh siswa karena media yang konkret. Siswa juga dapat membangun motivasi mandiri dan menjadi lancar membaca nyaring dengan pelafalan dan intonasi yang tepat.

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Nyaring, Video Animasi


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140037
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pun K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA