PENGARUH INTERAKSI ANTARA GURU DAN MURID TERHADAP LABELING SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di SMA Negeri 4 Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH INTERAKSI ANTARA GURU DAN MURID TERHADAP LABELING SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di SMA Negeri 4 Kupang)

XML

Rynni Elsa Siante**Pengaruh Interaksi Antara Guru Dan Murid Terhadap Labeling Siswa Pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di SMA Negeri 4 Kupang. Labeling merupakan suatu pencapan atau pemberian julukan pada suatu perilaku menyimpang pada pertama kalinya (penyimpangan primer), dengan pelabelan seorang individu merasa terbiasa dengan perilaku menyimpang karena pemberian cap tersebut. Dibimbing oleh Drs.Yosep.E. Jelahut, M.Si sebagai pembimbing I dan Aelsthri Ndandara, S.Si-Teol, M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini difokuskan kepada label pada
perilaku siswa yang berpengaruh pada interaksi antara guru dengan murid tersebut pada kegiatan formal yakni kegiatan belajar mengajar secara daring. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori labeling yang dikemukakan oleh Edwin Lemert dan teori psikologi sosial bagian dari teori peranan (role theory). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi informannya ialah guru bimbingan konseling, walikelas dan
guru mata pelajaran matematika wajib dan sejarah peminatan dan lima orang siswa kelas X Ips 3, dua orang siswa dari kelas X Ips I dan X Ips 4 dengan jumlah 11 informan yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan model interaksi simbolik, mereduksi data, model data (data display) dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelabelan berawal dari guru mata pelajaran ketika menghadapi perilaku siswa yang menunjukkan sikap ketidakaktifan presensi dan menggerjakan tugas pada pembelajaran daring dan pemberian sangsi atau hukuman kepada peserta didik yang malas dalam bentuk memberikan nasihat atau peringatan pada siswa yang bersangkutan yang ditanggani oleh guru bimbingan konseling. Dengan demikian pelabelan dari guru kepada perilaku siswa akan berpengaruh pada bentuk interaksi disosiatif (kontraversi) ditunjukkan dengan sikap apatis siswa pada nasihat atau peringatan guru yang akan ditandai sebagai bentuk penilaian dari guru kepada proses belajar siswa. Maka dari itu guru dan siswa dalam berinterkasi harus mampu menyadari akan peranan dan tugas agar adanya sikap saling tenggang rasa menyangkut pemberian label dan penerimaan label
tersebut.


Detail Information

Item Type
Penulis
RYNNI ELSA SIANTE - Personal Name
Student ID
1703030019
Dosen Pembimbing
Penguji
Yosep E. Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sia P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA