Makna Emotikon Whatsapp Dalam Komunikasi Interpersonal (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Undana Angkatan 2017)

Detail Cantuman

Skripsi

Makna Emotikon Whatsapp Dalam Komunikasi Interpersonal (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Undana Angkatan 2017)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pemaknaan Emotikon Whatsapp pada komunikasi interpersonal mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Undana Angkatan 2017. Dalam melakukan komunikasi interpersonal antar mahasiswa yang mana merupakan objek penelitian pada skripsi ini, seringkali ditemukan suatu pesan yang berisikan kalimat yang juga disertakan oleh emotikon Whatsapp atau pesan yang hanya berisikan emotikon. Fenomena ini menunjukan adanya pemaknaan emotikon sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada penerima pesan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode adalah metode teknik analisis semiotika segitiga makna Charles Sanders Peirce. Dalam menelaah lebih dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori yang digunakan ialah Teori Segitiga Makna Charles Sanders Peirce. Dari hasil Analisa dengan berbagai teori dan konsep tersebut kemudian dapat ditarik suatu hasil penelitian dan kesimpulan bahwa emotikon Whatsapp mempunyai makna. Seperti teori segitiga makna yaitu emotikan mengandung unsur positif yaitu emoji memeluk dan emoji malaikat yaitu mengandung makna yang positif dan memberikan kesan menyemangati, emotikon yang mengandung unsur negatif yaitu emoji sangat marah,emoji muka sedih,dan menangis mengandung makna tentang perasaan emosional yang dirasakan.emotikon yang mengandung unsur netralitas yaitu emoji netral,emoji tanpa ekspresi dan emoji memutar mata mengandung makna tentang perasaan yang kecewa dan tentang perasaan yang mengisyaratkan tidak tahu harus melakukan apa lagi. Berdasarkan data yang diperoleh dari objek penelitian yang telah ditentukan bahwa emotikon yang digunakan adalah untuk mewakili pesan yang ingin disampaikan seperti acungan jempol, marah, dan terkejut. Emotikon yang mendukung pesan yang disampaikan merupakan emotikon yang digunakan sebagai saluran penyampaian yang komprehensif.

Kata Kunci: Makna Emotikon, Komunikasi Interpersonal, Whatsapp, Semiotika


Detail Information

Item Type
Penulis
Aditiyo Yoseph Langoday - Personal Name
Student ID
1703050190
Dosen Pembimbing
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
Juan Ardiles Nafie - 19001182019031015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Monika Wutun - 198301112014042001 - Ketua Penguji
Juan Ardiles Nafie - 19901182019031015 - Penguji 1
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Lan M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA