PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS X IPS SMAN 1 LAMBA LEDA

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS X IPS SMAN 1 LAMBA LEDA

XML

Bagaimanakah Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah Kelas X IPS SMAN 1 Lamba Leda?. Tujuan dari penelitian ini adalah :(1).Untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPS SMAN 1 Lamba Leda. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester berjalan SMAN 1 Lamba Leda yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Lamba Leda setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada kelas X IPS, jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 15 orang dengan presentase 37,5%, peserta didik yang tidak mencapai KKM menurun yaitu berjumlah 25 orang dengan presentase 62,5%. Dengan nilai rata-rata kelas 69,25. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 40 peserta didik ada 1 orang yang tidak memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan presentase 2,5% sedangkan peserta didik yang mencapai KKM pada siklus II sebanyak 39 orang dengan presentase 97,5%.
Kata kunci : Hasil belajar Sejarah, Pembelajaran Model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).


Detail Information

Item Type
Penulis
FABIANUS MAHUR - Personal Name
Student ID
1801090030
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 HUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA