Gambaran Kepuasan Ibu Terhadap Pelayanan Pertolongan Persalinan Oleh Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Naikliu Tahun 2020.

Detail Cantuman

Skripsi

Gambaran Kepuasan Ibu Terhadap Pelayanan Pertolongan Persalinan Oleh Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Naikliu Tahun 2020.

XML

Kualitas pelayanan persalinan dapat dinilai berdasarkan kepuasan pasien pengguna layanan tersebut. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diukur melalui beberapa dimensi yaitu bukti langsung, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepuasan ibu terhadap pelayanan pertolongan persalinan oleh bidan di wilayah kerja Puskesmas Naikliu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Naikliu dari bulan Desember tahun 2019 sampai bulan Oktober tahun 2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 57 orang ibu bersalin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42,1% responden kurang puas terhadap dimensi bukti langsung, antara lain karena ruang pelayanan yang tidak nyaman serta belum adanya papan informasi alur pelayanan rujukan, dan yang puas hanya 57,9%. Sebanyak 57,9% kurang puas terhadap dimensi kehandalan, karena pelayanan yang berbelit-belit dan prosedur rujukan yang lama, dan yang puas hanya 42,1%. Sebanyak 52,6% kurang puas terhadap dimensi ketanggapan, karena bidan bertindak secara lamban dan kurang tepat selama proses persalinan, penyampaian informasi dengan nada-nada tinggi, dan yang merasa puas hanya 47,4%. Sebanyak 47,4% kurang puas terhadap dimensi jaminan, karena penjelasan bidan yang bertele-tele dan kurang jelas, juga karena tidak adanya supir khusus ambulans untuk mengantar pasien rujukan ke rumah sakit, sedangkan yang merasa puas hanya 52,6%. Sebanyak 54,4% kurang puas terhadap dimensi perhatian, karena bidan kurang mendengar keluhan, dan juga kurang berempati terhadap apa yang dialami oleh pasien, dan yang merasa puas hanya 45,6%. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan persalinan
diharapkan agar memperbaiki pelayanan pada dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dan dimensi perhatian.

Kata : Ibu BersalainKata :Kepuasan


Detail Information

Item Type
Penulis
Ariyani - Personal Name
Student ID
1607010093
Dosen Pembimbing
Masrida - - Dosen Pembimbing 1
KENJAM YOSEPH - 195902271986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Ketua Penguji
Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Penguji 1
Tadeus A. L. Regaletha - 19760913 2003121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 Ani
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA