Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Ekspositoris Pada Siswa Kelas V SDN Kleja Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Ekspositoris Pada Siswa Kelas V SDN Kleja Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas V SDN Kleja dan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas V SDN Kleja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kontekstual dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan subyek penelitian berjumlah 12 orang. Hasil penelitian pra siklus menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM dengan rata-rata nilai 61,66 dimana jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata ketuntasan 65 dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 6 orang. Hasil penelitian siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,66 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang.
Hasil belajar dalam menulis narasi ekspositoris siswa kelas V SDN Kleja terdapat 2 siklus dan untuk membandingkan hasil belajar siswa maka diadakannya tiga kali pertemuan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pertemuan pertama yaitu pra siklus dimana belum diterapkannya pendekatan kontekstual dengan rata-rata 61,66 terdapat 4 orang siswa yang tuntas sedangkan 8 siswa tidak tuntas dengan presntase ketuntasan 33,33%. Pada pertemuan kedua yaitu Siklus I sudah mulai diterapkannya pendekatan kontekstual guna meningkatkan hasil belajar dan setelah diterapkannya pendekatan kontekstual adanya kemajuan dimana rata-rata yang diperoleh 65 dengan presentase ketuntasan 60% dari 12 siswa yang berhasil tuntas hanya 6 orang dan dikategorikan masih kurang maka dilanjutkan dengan pertemuan Siklus II. Pada siklus II penerapan pendekatan kontekstual masih dilanjutkan dengan hasil presentase 100% dari 12 siswa rata-rata nilai hasil belajarnya sebanyak 81,66. Dari analisis yang didapat maka penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar menulis narasi eksositoris pada siswa kelas V SDN Kleja berhasil.

Kata Kunci : pendekatan kontekstual, hasil belajar, narasi ekspositoris


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Irene Tutpay - Personal Name
Student ID
1601140285
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Ch. Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tut P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA